.

Sabtu, 03 Desember 2011

Kalimat Efektif

Diposting oleh Tri Utari di 05.55
Kalimat dikatakan efektif apabila berhasil menyampaikan pesan, gagasan, perasaan, maupun pemberitahuan sesuai dengan maksud si pembicara atau penulis. Untuk itu penyampaian harus memenuhi syarat sebagai kalimat yang baik, yaitu strukturnya benar, pilihan katanya tepat, hubungan antarbagiannya logis, dan ejaannya pun harus benar.
       Dalam hal ini hendaknya dipahami pula bahwa situasi terjadinya komunikasi juga sangat berpengaruh. Kalimat yang dipandang cukup efektif dalam pergaulan, belum tentu dipandang efektif jika dipakai dalam situasi resmi, demikian pula sebaliknya. Misalnya kalimat yang diucapkan kepada tukang becak, “Berapa, Bang, ke pasar Rebo?”  Kalimat tersebut jelas lebih efektif daripada kalimat lengkap, “Berapa saya harus membayar, Bang, bila saya menumpang becak Abang ke pasar Rebo?”
          Yang perlu diperhatikan oleh para siswa dalam membuat karya tulis, baik berupa essay, artikel, ataupun analisis yang bersifat ilmiah adalah penggunaan bahasa secara tepat, yaitu memakai bahasa baku. Hendaknya disadari bahwa susunan kata yang tidak teratur dan berbelit-belit, penggunaan kata yang tidak tepat makna, dan kesalahan ejaan dapat membuat kalimat tidak efektif.
            Berikut ini adalah perbedaan paragraf berkalimat tidak efektif dan efektif :
Paragraf berkalimat tidak efektif :
                  Pada era zaman  modern ini teknologi berkembang sangat pesat. Menurut berita yang saya dengar mengabarkan bahwa kurikulum akan segera diubah. Usul ini merupakan suatu perkembangan yang menggembirakan untuk memulai pembicaraan damai antara komunis dan pemerintah yang gagal. Generasi muda diharapkan berkualitas supaya dapat memajukan negaranya. Seorang pun tidak ada yang bisa menghindar daripada persaingan global ini.
      Paragraf berkalimat efektif :
            Pada zaman modern ini teknologi berkembang sangat pesat. Berita yang saya dengar mengabarkan bahwa kurikulum akan segera diubah. Usul ini merupakan suatu perkembangan yang menggembirakan untuk memulai kembali pembicaraan damai yang gagal antara pihak komunis dan pihak pemerintah.Generasi muda diharapkan berkualitas agar dapat memajukan negaranya. Seorang pun tidak ada yang bisa menghindar dari persaingan global ini.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Tri Utari Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea