.

Rabu, 23 November 2011

Rendang is The most delicious food in the world

Diposting oleh Tri Utari di 21.20
               Rendang daging adalah masakan tradisional bersantan dengan daging sapi sebagai bahan utamanya. Masakan khas dari Sumatera Barat, Indonesia ini sangat digemari di semua kalangan masyarakat baik itu di Indonesia sendiri ataupun di luar negeri. Selain daging sapi, rendang juga menggunakan kelapa (karambia), dan campuran dari berbagai bumbu khas Indonesia di antaranya Cabai (lado), lengkuas, serai, bawang dan aneka bumbu lainnya yang biasanya disebut sebagai (Pemasak).
                
                    Pada tahun 2011 melalui jajak pendapat internet yang melibatkan 35.000 responden yang digelar CNN International, menobatkan Rendang sebagai hidangan peringkat pertama dalam daftar 'World’s 50 Most Delicious Foods' (50 Hidangan Terlezat Dunia). Dan Akhirnya saat ini Rendang asal Padang ini dinobatkan sebagai makanan terlezat didunia dan disusul dengan nasi goreng Indonesia.
               
                  Hampir tiap orang Indonesia kenal rendang, sajian kari daging sapi khas Minang. Promosi rendang sudah lama dilakukan oleh pakar kuliner Indonesia, William W.Wongso ke mancanegara. Soal penyebutan nama Rendang sebagai Rendang Padang, juga ada alasannya.

               'Jika menyebut nama rendang saja bisa saja dimiliki oleh Malaysia tetapi kalau rendang Padang, adalah rendang asli Indonesia, milik Indonesia. Jadi lebih spesifik. Demikian juga penamaan soto ayam, harus diberi identitas Indonesia, soto Madura, soto Kudus, supaya jelas milik bangsa kita,'demikian jelas pak William.


               'Rendang merupakan salah satu ikon kuliner Indonesia yang bisa diterima semua lapisan. Secara vertikal disukai tua muda dari berbagai lapisan masyarakat dan secara horizontal juga bisa diterima lidah semua bangsa,' jelas pak William tentang pemilihan rendang sebagai produknya.

               Rendang Padang atau Western Sumatra Caramelized Beef Curry, dibuat dengan bahan dan bumbu-bumbu biasa. Teknik pembuatan yang dibakukan adalah proses dan tahapan pematangan daging dan bumbu. Tahap pemasakan rendang atau caramelized beef curry tergantung pada suhu yang dipakai.

               'Jika memakai api kecil maka akan menghasilkan kari daging, dimasak terus akan menjadi kalio daging yang agak berminyak dan dengan pemanasan yang lama maka menghasilkan rendang,' jelas pak William sambil menunjukkan rendang Padang buatannya yang cokelat kehitaman.

               Tahapan dan permainan suhu dalam proses pemasakan rendang Padang merupakan hal penting. Karena itu pula bentuk dan versi rendang sangat berbeda di tiap warung atau restoran. Demikian juga dengan jenis daging sapi yang dipakai. Pencinta kuliner Indonesia ini sedang merintis pembakuan ikon kuliner Indonesia ini dengan mendirikan pusat latihan profesional.



Sumber : http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/kuliner/11/09/11/lrc4yu-cnn-rendang-masakan-terlezat-di-dunia-tambo-cie-dah
              

0 komentar:

Posting Komentar

 

Tri Utari Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea