.

Sabtu, 29 Oktober 2011

Keahlian yang harus dimiliki sebagai calon manajemen akunting

Diposting oleh Tri Utari di 06.30
Setiap orang yang menginginkan untuk menjadi manajemen akunting yang  profesional harus memiliki beberapa keahlian sebagai berikut :

·        Intellectual skills
Intellectual skills terbagi dalam 6 tingkatan, yaitu pengetahuan (knowledge), aplikasi (application), analisis (analysis), sintesa (synthesis) yang menggabungkan pengetahuan dari beberapa bidang, memprediksikan dan menerik kesimpulan dan evaluasi (evaluation). Intellectual skills yang dibutuhkan mencakup beberapa hal sebagai berikut :
o Kemampuan untuk menempatkan, mendapatkan, mengorganisasikan  dan memahami informasi yang berasal dari manusia, media cetak dan media elektronik.
o   Kemampuan untuk menyelidiki, meneliti, berpikir dengan logika, mengetahui sebab akibat dan menganalisa secara kritis
o  Kemampuan untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah yang tidak terstruktur dan tidak biasa terjadi.

·        Technical and functional skills
Kemampuan ini terdiri dan kemampuan umum dan juga kemampuan yang spesifik terhadap akuntansi yang mencakup :
o   Aplikasi matematis dan statistik serta keahlian information and technology
o   Decision modeling dan analisa risiko
o   Pengukuran
o   Pelaporan
o   Kepatuhan terhadap peraturan dan hukum yang berlaku

·        Personal skills
Kemampuan ini terkait dengan perilaku dan sika dari sarjana akuntansi profesional. Mengembangkan sikap dan perilaku ini dapat membantu pembelajaran dan perbaikan individual yang mencakup :
o   Self Management
o   Inisiatif, kemampuan untuk mempengaruhi dan self learning
o   Kemampuan untuk memilih dan membagi prioritas dengan sumber yang terbatas dan mengelola pekerjaan yang tenggat waktu yang sangat ketat
o   Kemampuan untuk mengantisipasi dan beradaptasi terhadap perubahan
o   Pertimbangan atas implikasi terhadap professional values, etik dan perilaku dalam pembuatan keputusan dan
o   Skeptisme profesional

·        Interpersonal and communication skills
Kemampuan ini memungkinkan sarjana akuntansi profesional untuk bekerja dengan pihak luar organisasi, menerima dan mengirimkan informasi, memberikan pertimbangan yang memadai dan membuat keputusan secara efektif. Komponen yang tercakup dalam keahlian ini adalah
o   Bekerja dengan pihak lain dalam suatu proses konsultasi, untuk bertahan dan menyelesaikan masalah
o   Bekerja dalam tim
o  Berinteraksi dengan individu yang berbeda secara cultural dan intelektual
o   Menegosiasikan kesepakatan dan penyelesaian yang dapat diterima di dalam lingkungan profesi
o   Bekerja secara efektif di dalam yang multicultural
o   Menyajikan, mendiskusikan, melaporkan dan mempertahankan pendapat secara efektif melalui komunikasi formal dan informal baik tertulisl maupun lisan.
o   Mendengar dan membacaa secara efektif, termasuk kepekaan terhadap perbedaan budaya dan bahasa.

·      Organizational and business management skills
 Manajemen akunting dituntut untuk berperan lebih aktif dalam kegiatan operasional organisasi. Keahlian di bidang ini mencakup :
o   Perencanaan strategis, manajemen proyek, manajemen sumber daya manusia dan pengambilan keputusan
o   Kemampuan untuk mengatur dan mendelegasikan tugas, memotivasi dan mengembangkan sumber daya manusia
o   Kepemimpinan dan
o   Pertimbangan dan kearifan profesional

0 komentar:

Posting Komentar

 

Tri Utari Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea