.

Minggu, 16 Oktober 2011

Bisnis

Diposting oleh Tri Utari di 05.51

Bisnis makanan ringan atau Snack Shop adalah bisnis yang cukup menjanjikan untuk dilakukan.Karena semua orang menyukai dan tidak menolak terhadap jenis makanan ini,selain makanan ini relatif terjangkau harganya,modal yang dibutuhkan untuk usaha ini tidaklah besar dan potensi penghasilan yang terbilang besar.Apalagi pangsa pasar terbesar adalah anak-anak,tentunya bisnis usaha ini lebih mudah dilakukan.

Alasan usaha snack shop ini dilakukan :

* Bahan baku mudah diperoleh
* Keuntungan bisa mencapai 100 % .
* Kembali modal relative singkat
* Market pasar yang terbuka lebar
* Tidak banyak membutuhkan peralatan
* Proses produksi dan pengelolaan usaha sangat gampang
* Pemasaran yang tidak sulit.

Bahan baku untuk pembuatan makanan kering,cukup banyak tersedia di bumi Indonesia ini.Misalnya : singkong,kentang, kacang tanah, nangka, kedelai dan bahan lainnya.Dari bahan baku ini dapat diolah menjadi makanan ringan,al : kripik singkong,kripik kentang,kacang atom,kacang goreng,kacang bawang,kripik tempe (kedelai),kedelai goreng,kripik nangka, dan aneka lainnya.

Keuntungan yang diperoleh dari usaha ini cukup besar hingga 100%,karena bahan baku yang tersedia masih relative murah.sehingga modal yang di butuhkan tidak terlalu besar.Misalkan sja kripik singkong,harga singkong untuk perkilonya saja hanya sekitar Rp. 2000,Bumbu dan cabe sekitar Rp. 5000. Untuk sekilonya singkong saja sudah bisa dijadikan berbungkus-bungkus keripik singkong.

Penetapan harga jual dilakukan dengan cara memperhitungkan harga bahan baku, upah pekerja, proses produksi, pengemasan, pemasaran dan jika perlu diperhitungkan pula biaya promosi dan transportasi. Semua harga yang telah teridentifikasi dapat dihitung hingga bisa didapat harga satuan minimal (modal yang digunakan). Selanjutnya kita dapat menentukan harga jual setalah diperhitungkan dengan keuntungan yang ingin kita peroleh.Penetapan harga ini sangat perlu dilakukan untuk standarisasi penjualan, sehingga tidak akan terjadi kesenjangan yang signifikan antara harga produk yang harus dibayar konsumen secara langsung dengan harga produk setelah melalui distributor atau agen.

Dalam penetapan harga jual ini kita juga harus realistis. Jika ditentukan terlalu tinggi maka konsumen akan mempertimbangkan kembali untuk membeli produk kita dan lebih jauh lagi mereka akan lari ke produk lain yang sejenis. Hal tersebut tentu tidak ingin terjadi. Untuk itu perlu diperhitungkan harga jual produk dari produsen lain. Karena keuntungan yang relative besar,tentunya modal yang digunakan akan cepat kembali dalam tempo yang singkat.

            Pangsa pasar yang lebar,apalagi biasanya makanan ini disukai anak-anak,tentunya tidak menyulitkan untuk memasarkan usaha ini. Dalam proses pembuatan makan ringan atau kering,tidak terlalu membutuhkan alat yang banyak, dan proses produsiya mudah dilakukan.

            Pemasaran makanan ringan tidaklah sulit,banyak yang dapat dilakukan agar makanan ringan ini dapat mudah di beli banyak orang. Menitipkan di snack shop atau warung penjual makanan dengan system bagi hasil,begitu juga dapat dilakukan dengan menitipkan di minimarket.

        Ternyata untuk membuka usaha makanan ringan (sncak shop) )atau kering,tidaklah sesulit yang dibayangkan,yang paling penting ada kemauan.



0 komentar:

Posting Komentar

 

Tri Utari Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea