- Karena
manajemen mempunyai nilai, yaitu :
§ Sifat
universal manajemen
Manajemen
bagus dibutuhkan di semua organisasi
§ Realitas
pekerjaan
Pekerja
akan dikelola atau mengelola
§ Penghargaan
dan tantangan jadi manajer
Managjemen
menawarkan tantangan, kegembiraan dan kesempatan berinovasi.
Mananajer
sukses menerima imbalan sesuai dengan usaha mereka.
- Karena
setiap pandangan dalam teori manajemen akan membantu calon sarjana akuntansi
untuk membuat keputusan-keputusan yang lebih efektif pada berbagai masalah yang
berbeda dan terus mengalami perubahan.
- Agar
saya sebagai calon sarjana akuntansi nantinya akan mampu membuat Perencanaan (planning) untuk menentukan tujuan perusahaan secara
keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhi tujuan itu. Dan apabila saya nanti
bekerja sebagai Manajer saya akan mampu mengevaluasi berbagai rencana
alternatif sebelum mengambil tindakan dan kemudian melihat apakah rencana yang
dipilih cocok dan dapat digunakan untuk memenuhi tujuan perusahaan. Pengorganisasian
(organizing) dilakukan dengan tujuan membagi suatu kegiatan besar
menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Pengorganisasian mempermudah
saya dalam melakukan pengawasan dan
menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang telah
dibagi-bagi tersebut. Pengarahan (directing) dan Pengendalian .
- Prinsip-prinsip
dalam manajemen bersifat lentur dalam arti bahwa perlu dipertimbangkan sesuai
dengan kondisi-kondisi khusus dan situasi-situasi yang berubah akan mengajarkan
saya dalam banyak hal dalam proses
Pembagian kerja (Division of work), Wewenang dan tanggung jawab
(Authority and responsibility), Disiplin (Discipline), Kesatuan perintah
(Unity of command), Kesatuan pengarahan (Unity of direction),
Mengutamakan kepentingan organisasi di atas kepentingan sendiri, Penggajian
pegawai, Pemusatan (Centralization), Hirarki (tingkatan), Ketertiban (Order),
Keadilan dan kejujuran, Stabilitas kondisi karyawan, Prakarsa (Inisiative),
dan Semangat kesatuan.
- Agar saya mempunyai Keterampilan konseptual (conceptional skill) untuk membuat konsep, ide, dan gagasan demi kemajuan organisasiyang kemudian akan dijabarkan menjadi suatu rencana kegiatan untuk mewujudkan gagasan atau konsepnya itu. Keterampilan berhubungan dengan orang lain (humanity skill) dengan komunikasi yang persuasive dan bersahabat akan membuat karyawan merasa dihargai dan kemudian mereka akan bersikap terbuka kepada atasan. Keterampilan teknis (technical skill)
-
agar saya mampu menggunakan program komputer, memperbaiki mesin, membuat kursi,
akuntansi dan lain-lain. Keterampilan manajemen waktu untuk menggunakan waktu yang dimiliki
secara bijaksana agar tidak
menyianyiakannya berarti membuang-buang uang dan mengurangi produktivitas perusahaan.
Keterampilan membuat keputusan untuk mendefinisikan masalah dan
menentukan cara terbaik dalam memecahkannya.
- Agar
saya tahu bagaimana berperilaku terhadap karyawan dan agen ekomomi lainnya.
- Agar saya mempunyai fleksibilitas yang tinggi, memahami psikologis social (keuangan, statistik, riset operasi dan perilaku organisasi), dan data yang saya buat nanti akan lebih relavan.
0 komentar:
Posting Komentar