.

Sabtu, 22 Oktober 2011

Pemanfaatan Bahasa Indonesia pada wacana tataran semi ilmiah

Diposting oleh Tri Utari di 08.24

Wacana pada Tataran Semi Ilmiah
       
      Semi Ilmiah adalah sebuah penulisan yang menyajikan fakta dan fiksi dalam satu tulisan dan penulisannya pun tidak semiformal tetapi tidak sepenuhnya mengikuti metode ilmiah yang sintesis-analitis karena sering di masukkan karangan non-ilmiah. Maksud dari karangan non-ilmiah tersebut ialah karena jenis Semi Ilmiah memang masih banyak digunakan misal dalam komik, anekdot, dongeng, hikayat, novel, roman dan cerpen.
Karakteristiknya : berada diantara ilmiah.

Contoh wacana semi ilmiah :

TANGERANG, KOMPAS.com — Hingga pukul 19.00, Sabtu (22/10/2011), pasangan calon gubernur Banten Wahidin Halim (WH) dan wakil gubernur Irna Narulita masih terus memimpin perolehan suara dibanding dua pasangan calon lainnya dalam Pilkada Banten.
Berdasarkan hasil perolehan suara sementara real quick count dari Akurasi Survei Indonesia, lembaga survei yang bekerja sama dengan tim pemenangan pasangan calon nomor 2 itu, pasangan WH-Irna memperoleh 377.209 suara atau 51,75 persen.
Calon pasangan nomor 1 Ratu Atut Chosiyah-Rano Karno menduduki peringkat kedua dengan perolehan 287.681 suara (39, 47 persen) dan pasangan calon nomor 3 mengantongi 64.039 (8,79 persen). Perolehan suara sementara itu terpantau di 2.922 TPS.
Sementara jumlah TPS se-Banten sebanyak 16.750 TPS. Perolehan suara sementara itu ditayangkan melalui layar lebar di halaman kediaman Wahidin Halim, di Kelurahan Pinang, Kecamatan Pinang.
Ketua Harian Tim Pemenangan WH-Irna Achmad Subadri mengatakan, perolehan suara dipantau oleh petugas yang disebarkan ke seluruh TPS se-Banten.


0 komentar:

Posting Komentar

 

Tri Utari Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea