1. 1. Jelaskan dengan detail, sebagai calon sarjana akuntansi, kenapa anda perlu mempelajari pengantar manajemen !
Jawab :
Ø Karena manajemen mempunyai nilai, yaitu :
§ Sifat universal manajemen
Manajemen bagus dibutuhkan di semua organisasi
§ Realitas pekerjaan
Pekerja akan dikelola atau mengelola
§ Penghargaan dan tantangan jadi manajer
Managjemen menawarkan tantangan, kegembiraan dan kesempatan berinovasi.
Mananajer sukses menerima imbalan sesuai dengan usaha mereka.
Ø Karena setiap pandangan dalam teori manajemen akan membantu calon sarjana akuntansi untuk membuat keputusan-keputusan yang lebih efektif pada berbagai masalah yang berbeda dan terus mengalami perubahan.
Ø Agar saya sebagai calon sarjana akuntansi nantinya akan mampu membuat Perencanaan (planning) untuk menentukan tujuan perusahaan secara keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhi tujuan itu. Dan apabila saya nanti bekerja sebagai Manajer saya akan mampu mengevaluasi berbagai rencana alternatif sebelum mengambil tindakan dan kemudian melihat apakah rencana yang dipilih cocok dan dapat digunakan untuk memenuhi tujuan perusahaan. Pengorganisasian (organizing) dilakukan dengan tujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Pengorganisasian mempermudah saya dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang telah dibagi-bagi tersebut. Pengarahan (directing) dan Pengendalian .
Ø Prinsip-prinsip dalam manajemen bersifat lentur dalam arti bahwa perlu dipertimbangkan sesuai dengan kondisi-kondisi khusus dan situasi-situasi yang berubah akan mengajarkan saya dalam banyak hal dalam proses Pembagian kerja (Division of work), Wewenang dan tanggung jawab (Authority and responsibility), Disiplin (Discipline), Kesatuan perintah (Unity of command), Kesatuan pengarahan (Unity of direction), Mengutamakan kepentingan organisasi di atas kepentingan sendiri, Penggajian pegawai, Pemusatan (Centralization), Hirarki (tingkatan), Ketertiban (Order), Keadilan dan kejujuran, Stabilitas kondisi karyawan, Prakarsa (Inisiative), dan Semangat kesatuan.
Ø Agar saya mempunyai Keterampilan konseptual (conceptional skill) untuk membuat konsep, ide, dan gagasan demi kemajuan organisasi yang kemudian akan dijabarkan menjadi suatu rencana kegiatan untuk mewujudkan gagasan atau konsepnya itu. Keterampilan berhubungan dengan orang lain (humanity skill) dengan komunikasi yang persuasive dan bersahabat akan membuat karyawan merasa dihargai dan kemudian mereka akan bersikap terbuka kepada atasan. Keterampilan teknis (technical skill)
agar saya mampu menggunakan program komputer, memperbaiki mesin, membuat kursi, akuntansi dan lain-lain. Keterampilan manajemen waktu untuk menggunakan waktu yang dimiliki secara bijaksana agar tidak menyianyiakannya berarti membuang-buang uang dan mengurangi produktivitas perusahaan. Keterampilan membuat keputusan untuk mendefinisikan masalah dan menentukan cara terbaik dalam memecahkannya.
agar saya mampu menggunakan program komputer, memperbaiki mesin, membuat kursi, akuntansi dan lain-lain. Keterampilan manajemen waktu untuk menggunakan waktu yang dimiliki secara bijaksana agar tidak menyianyiakannya berarti membuang-buang uang dan mengurangi produktivitas perusahaan. Keterampilan membuat keputusan untuk mendefinisikan masalah dan menentukan cara terbaik dalam memecahkannya.
Ø Agar saya tahu bagaimana berperilaku terhadap karyawan dan agen ekomomi lainnya.
Ø Agar saya mempunyai fleksibilitas yang tinggi, memahami psikologis social (keuangan, statistik, riset operasi dan perilaku organisasi), dan data yang saya buat nanti akan lebih relavan.
2. Jelaskan dengan detail dan berikan contohnya untuk :
a) Perspektif Manajemen Perilaku
b) Perspektif Manajemen Kuantitatif
c) Perspekrif Manajemen Klasik
Jawab :
a) Perspektif Manajemen Perilaku yaitu perspektif yang menekankan pemahaman terhadap kebiasaan, kebutuhan, dan juga perilaku orang di tempat kerja. Contohnya :
a. Kerjasama yg saling menguntungkan antara TK & pimpinan
b. Seleksi ilmiah TK atau karyawan
c. Sistem insentif utk merangsang produktifitas karyawan & organisasi
d. Penggunaan instruksi-2 kerja yg terperinci.
b). Perspektif Manajemen Kuantitatif adalah penggunaan sejumlah teknik kuantitatif seperti statistik, model optimasi, model informasi simulasi komputer untuk membantu manajemen dalam mengambil keputusan. Sebagai contoh, pemrograman linear digunakan para manajer untuk membantu mengambil kebijakan pengalokasian sumber daya, analisis jalur krisis (Critical Path Analysis) dapat digunakan untuk membuat penjadwalan kerja yang lebih efesien; model kuantitas pesanan ekonomi (economic order quantity model) membantu manajer menentukan tingkat persediaan optimum; dan lain-lain.
c). Perspektif Manajemen Klasik Yaitu Perspektif pada studi manajemen pada prinsip-prinsip universal untuk berbagai situasi manajemen. Pada dasarnya manajemen ilmiah timbul disebabkan adanya kebutuhan untuk meningkatkan produktivitas. Kontribusi manajemen ilmiah sangat besar artinya bagi dunia kini. Hal ini ditunjukkan bahwa metode manajemen ilmiah dapat diaplikasikan pada berbagai aktivitas organisasi di samping organisasi manufakturing.Contoh : Pengadaan peralatan pabrik, Pengorganisasian stuktur manajemen, pelatihan karyawan, penjadwalan operasi manufacturing.
3. Berikan satu contoh permasalahan defisiensi kinerja pada akuntansi !
Contoh permasalahan defisiensi kinerja pada akuntansi yaitu berapa besar sebuah perusahaan menggunakan utang dari luar untuk membiayai operasi maupun ekspansi dirinya. Leverage sering diartikan sebagai pendongkrak kinerja perusahaan dan identik dengan utang. Ratio leverage yaitu rasio utang (debt ratio) dan rasio utang terhadap modal atau debt to equity ratio (DER). Rumusnya adalah total utang dibagi dengan total aktiva Hasilnya dinyatakan dengan persent. Semakin rendah rasio utang, semakin bagus kondisi perusahaan itu. Contoh: PT Ratrinata, jika total utang Ratrinata Rp 25 miliar sementara total asetnya Rp 100 miliar, artinya rasio utangnya adalah 25%. Jika rasio utang rata-rata industri barang konsumsi yang digeluti Ratrinata sudah 40%, artinya rasio utang perusahaan ini termasuk rendah.
4. Jelaskan hubungan taktik dengan misi !
Jawab :
Taktik dan strategi adalah program yang luas untuk mencapai tujuan organisasi sehingga misi terlaksana. Taktik merupakan penjabaran operasional jangka pendek dari strategi agar strategi tersebut dapat diterapkan. Karena strategi merupakan alat untuk mencapai misi suatu organisasi.
5. Berikan contoh kegiatan dalam fungsi pengorganisasian departemen akunting !
Jawab :
• Mengalokasikan sumber daya, merumuskan dan menetapkan tugas, dan menetapkan prosedur yang diperlukan
• Menetapkan struktur organisasi yang menunjukkan adanya garis kewenangan dan tanggungjawab
• Kegiatan perekrutan, penyeleksian, pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia/tenaga kerja
•
• Kegiatan penempatan sumber daya manusia pada posisi yang paling tepat
6. Berikan satu contoh lengkap proses pengambilan keputusan suatu permasalahan akuntansi !
0 komentar:
Posting Komentar